Monday, December 7, 2015

Arti Jazakumullah khairan katsiran Wa Jazakumullah ahsanal jaza ?

 Assalamualikum akhi dan ukhti disini saya ingin menjelaskan arti dari 'Jazakumullah Khairan  Wa Jazakumullah ahsanal jaza  yang dimana mungkin sebagian pembaca sudah familliar dengan kata-kata tersebut, disini saya akan mejelaskan bagi kalian yang belum mengerti arti dari 'Jazakumullah Khairan '.

'Jazakumullah Khairan ' yang artinya ( Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan  )

Sifatnya Jamak/Semua Memakai 'Kum' :
Jaza-kumullah ( جَزَاكُمُ اللهُ ) : Semoga Allah Membalas kalian
Khairan  : Kebaikan


Sifatnya Tunggal ( Laki - Laki ) Memakai ' Ka '
Jaza-kallah ( جَزَاكَ اللهُ )  : Semoga Allah Membalas-mu 
Khairan  : Kebaikan


Sifatnya Tunggal ( Perempuan ) Memakai ' Ki '
Jaza-killah ( جَزَاكَ اللهُ )  : Semoga Allah Membalas-mu
Khairan  : Kebaikan


Hadits berikut ini mungkin bisa sedikit menjelaskan tentang dasar dari penggunaan istilah tersebut di atas. Dari Usamah bin Zaid r.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :
من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ
Artinya Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan “jazaakallahu khairan (semoga Allah membalas-mu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54.

Cara Menjawabnya : 
Menurut fatwa dari Syeikh Abdul Muhsin al-Abbad al-Badr
Yang lebh utama dalam menjawab kalimat yang ini ialah dengan mengulang kalimat tersebut dan membalasnya dengan mengatakan : “وجزاكم الله خيراWa jazakumullah Khairan ,Jika semisalnya membalasnya hanya dengan ucapan “وإياكمWa iyyakum sebenarnya boleh-boleh saja karna sifatnya kita ingin mendoakan balik kepada orang tersebut, namun yang lebih utama adalah membalas dengan mengulang lafadz doa tersebut.
Kutipan pertanyaan ?
السؤال: هل هناك دليل على أن الرد يكون بصيغة (وإياكم)؟
فأجاب: لا , الذي ينبغي أن يقول :(وجزاكم الله خيرا) يعنى يدعى كما دعا, وإن قال (وإياكم) مثلا عطف على جزاكم ,يعني قول (وإياكم) يعني كما يحصل لنا يحصل لكم .لكن إذا قال: أنتم جزاكم الله خيرا ونص على الدعاء هذا لا شك أنها أوضح وأولى
(مفرغ من شريط دروس شرح سنن الترمذي ,كتاب البر والصلة ,رقم:222)
Apakah ada dalil bahwa membalas ucapan 'Jazakallahu Khairan' dengan ucapan “wa iyyakum” ?
Beliau menjawab:
“Tidak ada dalilnya, namun sepantasnya dia juga mengatakan “wa jazakumullahu khairan” yang mana arti nya (Dan semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan), yaitu didoakan sebagaimana dia mendoakan, dan seandainya ia mengucapkan semisal “wa iyyakum” (mengikuti) atas ucapan 'Jazakumullah', yakni ucapan “wa iyyakum”  tersebut bermakna “sebagaimana kami mendapat kebaikan, semoga kalian juga”.

Memulai membiasakan membalas kebaikan orang dengan menyebutkan  'Jazakumullah Khairan' bahasa Arab itu bahasa nya umat muslim, Al-Quran pun berbahasa Arab , Hadits berbahasa arab jadi ga ada salahnya toh kita belajar bahasa arab.

Allah Berfirman di Surat Yusuf Ayat 2 :
 Artinya : Sesungguhknya telah kami turunkan AL-Quran dalam bahasa Arab, agar kalian memahaminya


Semoga bahasan ini Bermanfaat untuk kita semua dan kita selalu senantiasa berdoa memohon perindungan Allah dari segala kelalaian dan kesombongan





18 comments:

  1. Syukron infonya akhi

    Jazakallah khairan

    ReplyDelete
  2. Semoga bermanfaat bagi para pembaca :)

    ReplyDelete
  3. (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Barakallah akhi , afwan akhi ana ndak usah di panggil ustad , ana masih belajar sama kyk akhi , jazakallah khair

      Delete
    2. وجزاكم الله خيرا

      Delete
  5. جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. jadi tambah ilmu nih gan ,, terima kasih
    jazakallah khairan

    ReplyDelete
  8. Apabila kita merasa ada yang akan menyakiti atau menzalimi kita tanpa kita ketahui maupun kita ketahui, bagaimana kita menghadapinya dan ucapan apa yang seharusnya kita ucapkan agar dilindungi dan diberi keselamatan agar terhindar dari apa yg kita pikirkan juga kita rasakan walaupun itu benar atau tidaknya.karena Hanya Dialah yang maha Mengetahui atas segala sesuatunya yang akan atau tidaknya terjadi didiri kita.

    Mohonn beri kan jawabannya dan solusinya.terimakasih. Wss.😊

    ReplyDelete
  9. semua jawaban nya bertele tele klo menurut saya,. kebanyakan orang kan hanya mencari apa arti JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRON,tapi kebanyakan yang memaparkan hanya tentang JAZAKUMULLAH dab KHOIRON serta jawabnya seperti apa..padahal cukup dijelaskan apa arti JAZAKUMULLOH KHOIRON KATSIRON,yang kurang lebihnya artinya semoga Allah membalas kebaikan anda dengan balasan kebaikan yang banyak/berlipat ganda

    ReplyDelete